WIFI MARKETING

Laporan Studi Kelayakan

Atas Rencana Menjalin Kerjasama Antara PT. Subang Indana Manafi Dengan PT Motivindo Berkah Sejahtera (NUFI).

Pendahuluan

The Internet is becoming the town square for the global village of tomorrow”.

-Bill Gates

Pada era digital seperti saat ini internet telah menjadi tempat di mana semua orang di muka bumi berinteraksi, belajar, bekerja dan bertukar informasi satu sama lain. Tren digital marketing pun tumbuh menjadi hal yang sangat vital. Terlebih karena sifatnya yang mudah diterima masyarakat, lebih efisien, lebih termonitor, serta mampu memberi hasil yang lebih cepat.

Mengutip data Hootsuite, jumlah pengguna Internet di Indonesia pada Januari 2018 menembus 132,7 juta pengguna dengan tingkat penetrasi mencapai 50%. Dari data tersebut, tercatat pengguna aktif media sosial sebesar 130 juta.

Sementara itu, populasi pengguna perangkat mobile angkanya lebih tinggi lagi yang mencapai 177,9 juta pengguna, dengan tingkat penetrasi mencapai 67%. Dan lagi-lagi dari pengguna perangkat mobile ini tercatat 120 juta merupakan pengguna aktif.

Melihat peluang tersebut, sebuah agen digital di Jakarta PT Motivindo Berkah Sejahtera meluncurkan sebuah produk digital marketing bernama NUFI (Nusantara Wifi). Dengan NUFI ini memungkinkan konsumen menikmati layanan Wi-Fi secara gratis dengan log-in menggunakan salah satu akun media sosial yang mereka miliki seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Setelah itu, data-data mereka akan tersimpan pada database Zona WiFi untuk selanjutnya digunakan sebagai sarana marketing.

 

 

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Tujuan dilakukannya Studi Kelayakan Bisnis ini adalah untuk mengetahui apakah bisnis ini layak atau tidak untuk dijadikan partner PT. Subang Indana Manafi. Ditinjau dari beberapa aspek:

  1. Aspek Pasar:
    1. Keadaan potensial pasar.
    2. Keadaan persaingan.
    3. Market Share yang dapat dicapai.
    4. Produk yang akan dihasilkan.
    5. Strategi dan pendekatan dalam penetapan harga produk.
    6. Saluran distribusi yang digunakan.
  2. Aspek Teknis:
    1. Gambaran bisnis
    2. Forecash biaya
    3. Kebutuhan Sumber Daya Manusia
    4. Anggaran biaya Teknis
  3. Aspek Organisasi dan Manjemen:
    1. Perencanaan, organisasi, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya manusia.
    2. Penentuan langkah jangka pendek dan jangka panjang.
    3. Identifikasi pekerjaan yang harus diselesaikan dan job description.
    4. Proses rekruitmen
    5. Kebutuhan tenaga kerja dan sistem penggajiannya.
  4. Aspek Perekonomian dan Dampak Lingkungan:
    1. Dampak lingkungan dari segi ekonomi, sosial dan pendidikan.
  5. Aspek Keuangan. Untuk mengetahui perkiraan kebutuhan investasi:
    1. Taksiran kebutuhan modal kerja.
    2. Taksiran kebutuhan investasi awal.
    3. Taksiran penerimaan penjualan.
    4. Taksiran pembiayaan tetap.
    5. Taksiran biaya operasional.
    6. Taksiran biaya operasi dan penjualan.
    7. Taksiran keuntungan.

 

Gambaran Umum Bisnis

Nusantara wifi memberikan akses internet gratis bagi masyarakat kalangan ke bawah, tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat. Bagi mereka yang ingin mendapatkan informasi di bidang pendidikan, bidang literasi atau di bidang-bidang lainnya.

Selain memberikan internet gratis NUFI juga akan melakukan analisa, pendampingan serta pelatihan guna memanfaatkan potensi masyarakat untuk menggunakan fasilitas internet gratis ini supaya bisa meningkatkan atau memberikan tambahan income melalui bisnis online atau mengembangkan teknis pemasaran secara online dari bisnis yang sudah dilakukan secara offline.

Target utama dari program yang dihadirkan NUFI ini yakni kemandirian dan peningkatan kualitas hidup masyarakat sehingga mengurangi kesenjangan sosial diantara masyarakat, dengan peningkatan ekonomi dan kedewasaan dalam berpikir maka akan mengurangi tingkat kriminalitas dan semua hal negatif yang saat ini banyak terjadi disekitar kita.

NUFI kedepan akan melakukan kerjasama dengan perusahaan – perusahaan penyedia akses internet dan juga operator GSM yang ada di indonesia, karena segmen pasar yang berbeda maka hubungan kerjasama yang terjadi ini bisa menguntungkan bagi semua pihak dan masyarakat.

Bagi Pemerintah daerah atau Pemerintah Pusat kehadiran NUFI ini akan sangat membantu program smartcity yang sedang di canangkan Pemerintah, dan dengan meningkatnya perekonomian masyarakat yang berada di coverage area NUFI maka akan mengurangi tingkat “komplain/demo” dari masyarakat kepada Pemerintah.

Dari beberapa penjelasan diatas masih banyak lagi benefit dari dibangunnya konsep internet gratis ini, dan NUFI akan selalu terbuka untuk bekerja sama mendirikan konsep ini di kota lain.

Konten disadur dari ABOUT US pada web nufi.co.id

Produk yang Ditawarkan

Internet Gratis

Akses internet diberikan kepada khalyak secara gratis. Mereka mendapatkan iklan yang sudah ditentukan dari advertiser sebagai timbal balik.

Periferal

Sebelum mendapatkan internet gratis calon pengguna harus membeli paket periferal berupa router, amplifier dan akses point.

Iklan

Semakin banyak jumlah pemakai internet gratis dari NUFI semakin menarik bagi perusahaan yang ingin beriklan. Iklan tampil tertarget.

Analisa Data

  1. Aspek Pasar:
    1. Keadaan potensial pasar. Pada dasarnya NUFI mempunyai dua pasar yaitu Pengiklan dan Konsumen yang melihat iklan. Oleh karna itu NUFI akan dipasarkan ke perusahan, sekolah-sekolah, lembaga pendidikan, kafe, restoran dan masyarakat umum yang membutuhkan internet.
    2. Keadaan persaingan. Berdasarkan penulusuran, pada saat ini ada 2 perusahaan (mempunya legalitas) dengan model bisnis yang serupa:
      1. https://www.wifimu.com. Target marketnya adalah kafe, resotaran atau perusahaan lainnya yang mengundang keramaian bahkan event yang sifatnya aksidental.
      2. https://zonawifi.co.id/id/. Hampir serupa dengan WIFIMU dengan kelebihan memberikan jasa location based sms.
    3. Market Share yang dapat dicapai. Belum ada pembicaraan.
    4. Produk yang akan dihasilkan. Pada saat ini Nufi sudah mempunyai 3 produk; Interntet gratis, iklan dan penjualan periferal. Kedepannya bisa dikembangkan beberapa layanan berupa Location Based SMS dan SMS masking, membangun smart city bila infrastructur sudah memadai.
    5. Strategi dan pendekatan dalam penetapan harga produk. Belum ada pembicaraan.
    6. Saluran distribusi yang digunakan.
      1. Produk -> Konsumen akhir
      2. Produk – > Distributor -> Konsumen akhir
  2. Aspek Teknis: Perlu pembicaraan lebih lanjut.
    1. Kebutuhan Sumber Daya Manusia.
    2. Anggaran biaya Teknis.
  3. Aspek Organisasi dan Manjemen: Perlu pembicaraan lebih lanjut.
    1. Perencanaan, organisasi, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya manusia.
    2. Penentuan langkah jangka pendek dan jangka panjang.
    3. Identifikasi pekerjaan yang harus diselesaikan dan job description.
    4. Proses rekruitmen
    5. Kebutuhan tenaga kerja dan sistem penggajiannya.
  4. Aspek Perekonomian dan Dampak Lingkungan:
    1. Dampak lingkungan dari segi ekonomi, sosial dan pendidikan. Dengan adanya internet gratis sangat membantu bagi pertumbuhan UMKM khususnya yang bergerak di bidang online. Begitu juga dapat memudahkan para pelajar dalam mengakses materi-materi pelajaran yang ada di internet.
  5. Aspek Keuangan. Untuk mengetahui perkiraan kebutuhan investasi: Perlu pembicaraan lebih lanjut.
    1. Taksiran kebutuhan modal kerja.
    2. Taksiran kebutuhan investasi awal.
    3. Taksiran penerimaan penjualan.
    4. Taksiran pembiayaan tetap.
    5. Taksiran biaya operasional.
    6. Taksiran biaya operasi dan penjualan.
    7. Taksiran keuntungan.

Penutup

Dari analisis yang telah dilakukan mengenai aspek-aspek yang telah disebutkan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha kerjasama antara PT. Subang Indana Manafi dan NUFI layak untuk dijalankan. Dengan inovsasi tiada henti pada tahun–tahun kedepan usaha ini dapat diprediksi akan mengalami kemajuan yang cukup pesat sehingga menjadi usaha yang cukup besar dengan perolehan laba yang besar pula.