Membuat Simple Web Browser Dengan Python/PyKDE Webkit

Kasus:

Suatu hari ketika mengerjakan KP (Kerja Praktek) di kampus, saya mengambil judul “Remastering Ubuntu 10.04 untuk komputer anjungan”. Karna KP hanya tugas “kecil” sebelum menghadapi TP (Tugas Proyek) dan Skripsi yang cakupan dan pembahasannya lebih dalam dan luas maka dari itu saya ambil topik yang sederhana.

Komputer anjungan di kampus saya ini sering digunakan sebagai alat untuk melakukan “tindakan kriminal” oleh mahasiswa, kususnya mahasiwa IT 😀 . Maka DosBing saya memeberikan tantangan untuk membuat SIMPLE WEB BROWSER yang free-ads, no pop-up, no menu dan pokoknya harus benar-benar simple hanya untuk me-render tampilan website saja. Disamping saya juga sudah melakukan perombokan khususnya pengurangan disana-sini.

Persiapan:

Berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan untuk membuat Simple Web Browser:

  1. Python 3
  2. Webkit widget dari Qt. Kita gunakan untuk yang library python PyQt.  
    sudo apt-get install python-qt4

Let’s Rock:

Jika kedua hal diatas sudah terinstall, sekarang kita masuk ke langkah selanjutnya. Buat file simplebrowser.py lalu ketikan code berikut didalamnya.

#!/usr/bin/env python3
 
import sys
from PyQt4.QtCore import *
from PyQt4.QtGui import *
from PyQt4.QtWebKit import *
 
app = QApplication(sys.argv)
 
web = QWebView()
web.load(QUrl("https://facebook.com"))
web.show()
 
sys.exit(app.exec_())

Buka console/terminal lalu jalankan dengan perintah python3simplebrowser.py atau ./simplebrowser.py

Code pada baris pertama #!/usr/bin/env python3 sebagai pemberitahuan kepada Sistem Operasi Linux bawah file simplebrowser.py harus dijalankan dengan python3 dan berisi code-code python3. Silahkan coba hilangkan baris pertama dan jalankan dengan perintah “./” untuh lebih mengeri perbedaannya.

Blok selanjutnya adalah proses import beberapa libarary dari python. Library sys memiliki fungsi yang sangat banyak dan berhubungan dengan sistem operasi itu sendiri. Seperti untuk mengakses path. Lalu library PyQt berisi fungsi-fungsi  GUI, core dan tentunya webkit yang akan kita gunakan untuk me-render sebuah website.

Semua program yang dibangun menggunakan Qt haruslah dibuat objek “QApplication” terlebih dahulu, lalu kita kita isi objek tersebut dengan parameter “sys.argv” yang akan digunakan untuk menjalakan program tersebut. Dan kita simpan objek “QApplication” dalam sebuah variable yang bernama “app”

Simplenya. Sebuah variable “app” menampung objek yang bernama “QApplication“. “QApplication” itu sendiri berisi parameter “sys”, dan parameter”sys” memanggil fungsi yang bernama”argv” 🙄

Baris selanjutnya kita membuat objek “QWebView” dan kita simpan ke dalam variable “web”. “QWebView” itu sendiri adalah sebuah widget atau fungsi bawaan dari library Qt/PyQt  yang tugas utamanya adalah me-render Client Side Scripting seperti HTML, CSS, JavaScript dan XML. Selanjutnya kita akan menambahkan perintah “load(QUrl)” yang berfungsi me-load page dari sebuah web. Dan kita tampilkan widget/fungsi “QWebView” dengan perintah “show()”.

Akhirnya kita jalankan program dengan perintah “app.exec_()”. Perintah “exec_()” akan berhenti ketika kita men-close window dan akan me-return nilai 0 atau akan menjalankan perintah lain jika ada error.  Dan perintah “sys.exit()” berfungsi untuk me-quit program.

Screenshoot

Pada sesi selanjutnya kita akan belajar bagaimana menambahkan Address Bar pada program Simple Browser yang sudah kita buat.