Serunya Usaha di Era Digital

Menyamakan Persepsi

Sebelum masuk ke pembahasan tema "Serunya Hidup di Era Digital". saya mencoba memahami terlebih dahulu makna "SERU", karena bagi saya itu agak ambigu.

Kata Seru versi kamus

Kata SERU menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Kata SERU menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Dari banyak makna diatas kita ambil yang tingkat relevansinya paling tinggi dengan tema lomba. Jadi, menurut KBBI makna kata "SERU" adalah Sengit atau Hebat. Maka menjadi "Sengitnya Hidup di Era Digital" LOL banget kan, pasti bukan itu maksud panitia. Atau, "Hebatnya Hidup di Era Digital" nah kalau ini masih masuk, tapi masih agak kurang srek. Emang apa hebatnya hidup di era digital? Zaman batu kayaknya lebah seru deh.

Kata Seru menurut Google translate

Kata seru menurut Google Translate

Sekarang mari kita ulik lagi. Menurut Google Translate (Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris) "Seru" artinya "Exciting". Dan jika kita tukar bahasa (Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia) "Exciting" berarti "Syur", "Yang menggairahkan" dan "Yang mengasyikan". Stop right there! Menggairahkan dan Mengasyikan, cucok.

My PoV

Nah itulah arti kata Seru versi kamus. Sedangkan versi saya, dan mencoba menerka makna "Seru" menurut panitia lomba, semoga benar hahaha.  Adalah sesuatu yang berhubungan dengan Teknologi yang memudahkan kehidupan kita, sesuatu yang mengasyikan dan sesuatu yang menggairahkan. Saya persingkat menjadi Memudahkan, Mengasyikan dan Menggairahkan.

Serunya Hidup di Era Digital artinya pemanfaatan tekhnologi dalam menunjang beberapa aspek kehidupan sehingga hidup kita menjadi lebih mudah, lebih asyik dan lebih bergirah. Seru toh!

Kesesimpulan saya di atas bener gak min?

INTERVAL

Pengangguran di Indonesia

Menurut Badan Pusat Statistik Nasional (BPS) pada tahun 2010 update terakhir: 09 Jul 2012 total penduduk Indonesia 237.641.326 jiwa, sekarang pasti sudah ada peningakatan jumlah. Sumber Total angkatan kerja (usia produktif  umur 15-64 tahun) pada Februari 2018 sebanyak 133,94 juta orang. Lalu bagaimana dengan pengangguran? Dari 133,94 juta orang total Angkatan Kerja, sebanyak 6,87 juta orang penduduk masih mencari pekerjaan (pengangguran). Sumber

6,87 juta orang menganggur, seberapa banyak itu? 

Saya kasih perbandingan.

  • Jumlah penduduk Subang: 1.529.388 (2015). Sumber
  • Julah penduduk Kota Bandung: 2,412,458 (2018). Sumber
  • Julah penduduk Negara Timor Leste: 1.212.107 (Perkiraan 2014). Sumber
  • Jumlah followers Instagram Ayuk Tingting: 27.2 juta. Bisa bikin negara sendiri tuh.

Bayangkan 4 kali lipatnya penduduk Subang pengagguran semua! Buuanyak banget toh.

Sebentar! FYI, Pengangguran itu banyak macamnya. Ada yang berdasarkan jam kerja, ada juga berdasarkan penyebabnya. Saya gak akan bahas di sini. Silahkan baca sendiri. Bacaan

Pengusaha di Indonesia

Berikut adalah kutipan langsung dari bapak Presiden Jokowi yang saya sadur dari Kompas. Sumber

Hampir di setiap negara maju, standardnya itu memiliki (penduduk) entrepreneur di atas 14 persen. Sementara di kita, angkanya masih 3,1 persen. Artinya perlu percepatan.

3.1 dari 14 persen. Mari menghela nafas berjamaah.

Coba liat salah satu koleksi video favorit saya yang saya download dari forum 9gag, biasanya sih gak kayak gini, gara-gara Movement No Nut November aja ini mah. Coba perhatikan negara China!

Edun banget kan? Dalam 20 tahun terakhir setalah jatuh bangun, China bisa nyalip sampai ke posisi ke dua membanyang-bayangi Amerika.

Waktu saya masih bekerja sebagai Asisten Pribadi, kebetulan pak bos sering bolak-balik ke luar negeri salah satu China untuk urusan bisnis. Bos saya pernah bilang "beberapa tahun kebelakang saya ke pergi ke cina, teknologi itu masih digunakan oleh anak-anak muda, sekarang orang tuanya pun mahir menggunakan teknologi, saya kagum bagaimana permerintahnya mengedukasi rakyatnya". Kurang lebih seperti itu, lupa juga. Udah lumayan lama.

Memang menantang banget mengenalkan dan mengedukasi teknologi kepada orang tua (Mr. Limbad aja yang badassnya kayak gitu belum tentu mampu), mereka kesulitan untuk beradaptasi, tapi buktinya China bisa. Paling tidak itu saya saya alami selama bergerak di bidang Web Design dan CCTV Installer dalam 2 tahun ini. Harus ekstra sabar.

Cerita Aja Ini Mah

Lima bulan yang lalu saya dan team (Mokacode) dapat project untuk pasang aplikasi rekam medis, POS untuk apotek dan install CCTV untuk salah satu klinik di Subang. Singkat cerita selama 3 bulan pertama saya sering banget ditelfon dan bolak-balik kesana untuk hal-hal menurut saya sangat sepele. Seperti, "A, ini kenapa komputer udah tiga hari mati?" setelah saya cek ternyata kabel powernya kesenggol, "A, kok CCTV-nya ndak bisa diakses di HP, offline terus tulisannya" ternyata karna hujan sama salah satu perawat modem WI-FInya dimatikan dan masih banyak lagi cerita-cerita seperti ini

Buat kamu yang usahanya jualan obat. Pernah gak diminta datang untuk bukain tutup botol?

Ayo bergerak jadi pengusaha, kecil-kecilan kayak saya juga gak papa. Yang penting bisa bantu mengurangi pengangguran. Lebih baik jadi kepala ikan teri daripadi jadi buntut ikan paus. Mungkin yang muslim kentel banget dengan hadist ini "Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perniagaan". Biar sebagian ulama berpedapat dhoif, tetep aja bikin semangat bacanya.

Stop Complaining and Start Taking Action

Baca subjudlnya saja saya yakin ada saja yang berkomentar atau terbesit seperti ini "Halah klise banget sih", "Sok idealis", "Sok ngajak-ngajak bisnis, padahal usahanya aja belum apa-apa".

Dalam membangun usaha, khususnya pada tahap-tahap merintis tantangan terberat adalah menghadapi nyinyiran dan komentar-komentar negatif tidak percaya pada kemampuan dan ide kita. Entah itu teman, sodara dan bahkan orang tua kita sendiri.

Dalam lagunya Kacey Musgraves yang berjudul Follow Your Arrow ada potongan lirik yang menarik untuk diresapi.

......

If you can't lose the weight
Then you're just fat
But if you lose too much
Then you're on crack
You're damned if you do
And you're damned if you don't
So you might as well just do
Whatever you want

.......

Dari zaman ki dogeng sampai zaman mak lampir naik unta hidup tuh emang serba salah. Ngelakuin sesuatu dikomentarin salah, gak ngelakuin sesuatu juga pun tetap dikomntarin salah. So, lakuin aja lah. Ikutin kata hatimu atau ikutin kata orang? Kalau ikutin kata hati, jangan terlalu pedulikan kata orang.

Kembali ke Laptop!

Kita sering melihat berita di televisi tentang buruh yang demo karna diPHK, politisi yang menyerang lawan politiknya dengan isu pengangguran dan kurangnya lapangan pekerjaan, temen kita yang ngeluh terus sulitnya mendapatkan pekerjaan atau bahkan malah kita sendiri yang sering komplain karna kuranya lapangan pekerjaan.

Tuh, bro! Indonesia memang sangat defisit dan membutukan pengusaha. Daripada ngeluh terus gak dapat pekerjaan mending;

Let's Be One

Dengan kemajuan teknologi saat ini sangat membantu dan memudahkan proses bisnis. Accounting, marketing, sitem HRD, pemantauan via CCTV dan lain sebagainya. Ditambah program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Konsumen atau client bisa datang dari berbagai negera. Harusnya kita lebih bersemangat untuk berwirausaha.

Website, toko online dan jejaring social itu semua bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan jasa. Bayangkan 10 atau 15 tahun kebelakang satu-satunya alat untuk promosi yang jangkauannya luas hanyalah televisi.

F.Y.I di bidang pariwisata ada Umbul Ponggok yang viral di media sosial dengan foto under waternya hingga sekarang mendapatkan Desa dan Bumdes tarbaik di Indonesia, Desa Wisata Cibuntu Kuningan Terbaik di ASEAN, di Subang sendiri ada bukit Pamoyanan yang sedang viral  dan sangat digilai kaum milenial karna sangat intagramable. Dan itu berimbas kepada taraf kehidupan masayarakatnya. Ini lah contoh pemanfaatan teknologi yang baik dan bijak.

So, apakah kita hanya akan jadi penonton?

Usaha Jasa Pembuatan Website

Awalnya usaha saya bergerak di bidang konveksi dan distro dengan brand Mokaos berlokasi di kota Yogyakarta karena desain grafis adalah satu-satunya skill saya yang bisa dijual. Di perjalanan banyak yang bertanya apakah saya bisa membuat website? Karna saya kuliah Jurusan Informatika malu dong kalau jawab tidak. Dan lahirlah brand Mokacode untuk urusan per-website-tan.

Selain masalah teknis tantangan awal dalam jasa desain web adalah menentukan penyedia jasa Host dan Domain mana yang cocok dengan kebutuhan. Ada banyak sekali feature dan service yang ditawarkan oleh setiap Web Host Provider.

Berkenalan Dengan Domainesia

Sebenarnya saya termasuk konsumen yang sangat loyal. Pertama menggunakan jasa Domainesia pada 06/12/2017 untuk coba-coba saja dan resmi mejadikan "partner in business" pada 08/06/2018. Sekarang untuk masalah hosting dan domain saya percayakan kepada Domainesia.

Vendor sebelumnya saya tinggalkan karena server sering down, mengharuskan untuk konfirmasi pembayaran alias kirim bukti transfer (non instant activation) dan tidak memberikan reward untuk konsumen yang loyal. Pernah juga menggunakan vendor dari luar negeri GoMommy untuk client dari Malaysia. Pertama pakai sudah kecewa dengan Customer Servicenya. Komunikasi hanya via phone, saya pernah habis 150 ribu hanya untuk menunggu antrian bicara dengan CS. Mungkin waktu itu sedang tidak beruntung.

Kenapa Domainesia?

Ada beberapa alasan kenapa akhirnya saya putuskan untuk menggunakan jasa Domainesia. Berikut saya sebutkan berdasarkan yang "paling penting" menurut saya:

1. Price. Harga menjadi pertimbangan paling utama. Harga domain relatif bersaing. Khususnya paket Hosting Super. Dengan harga Rp. 32.000 per bulan sudah bisa akses SSH. Favorit!

Tidak kalah keren. Dengan paket Super kalian sudah bisa deploy projek-projek Pyhton, Node.js dan Ruby, feature instant deploy, lets encrypt free SSL, railgun, cloudflare dan masih banyak lagi faeature lainnya.

 STATUS HARGA: BERSAING JURAGAN! 

2. Customer service. Seberapa greget, tangguh, cepat tanggap dan ramah kah Customer service Domainesia? Untuk mengetahuinya saya sudah melakukan dua kali percobaan percakapan. Yang pertama untuk mecoba ketanggauhannya saya melakukan percakapan dengan CS pada malam hari pukul 22:00, 24:00 dan 03:00 dini hari. Berikut adalah rekaman videonya:

Gimana menurutmu? Tangguh banget kan, sampai jam 3 dini hari masih online, masih melayanin chat dari pelanggan. pelayanan 24 jam top markotop.

Kedua untuk menguji keramahan dan ketanggapannya. Saya melakukan percakapan di luar konteks. Dengan menanyakan hal-hal yang unfaedah. F.Y.I ada feature yang sangat bermanfaat, percakpan dengan CS bisa didownload. Silahkan disimak!

Conversation with DomaiNesia
Started on November 16, 2018 at 02:45 PM Jakarta time (GMT+07:00)

---

02:45 PM | Visitor: salam pramuka

02:46 PM | Cevy from DomaiNesia: Hallo, selamat siang 
ada yang dapat kami bantu?   

02:46 PM | Visitor: mas... mbk adsitynya ada?

02:46 PM | Visitor: adisty*

02:50 PM | Cevy from DomaiNesia: beliauy sedang off

02:50 PM | Visitor: yaahhhh,,, X-(

02:51 PM | Visitor: mas.. mau tanya...
mbk adisty udah punya cowok blm?

02:52 PM | Cevy from DomaiNesia: Kalau belum gimana ?

02:53 PM | Visitor: mau titip salam... sekalian speak2...

02:53 PM | Cevy from DomaiNesia: mantap , disampaikan nih 😀

02:53 PM | Visitor: biasnya online jam berapa mbk adisty?

02:54 PM | Visitor: "mantap , disampaikan nih :D" wah mksh banget mas...

02:54 PM | Cevy from DomaiNesia: sedang libur, mulai selasa depan

02:55 PM | Cevy from DomaiNesia: kalau boleh tahu darimana ya?nanti ditanyain 😀

02:55 PM | Visitor: kan pemuja rahasia... masa dikasih tahu...

02:56 PM | Visitor: mbk adisty alamat kosannya dmn?

02:59 PM | Cevy from DomaiNesia: yah, baiklah

03:00 PM | Cevy from DomaiNesia: rahasia 😀

03:01 PM | Visitor: kl social medianya da gak mas? 😉

03:01 PM | Cevy from DomaiNesia: bisa kepo dengan namanya, gampang kok 😀

03:02 PM | Toto from DomaiNesia: konon, sekarang ada teknology canggih yg 
namanya google search engine, anda bisa cari disitu 🙂 dan konon juga, 
klo sesuatu yg sudah diungkapkan itu bukan rahasia lagi.. 🙂

03:03 PM | Visitor: hahah... puitis masnya...

03:03 PM | Visitor: Adisty Caesari Putri nama lengkpanya ya mas?

---
Exported from DomaiNesia on November 16, 2018 at 03:06 PM Jakarta time (GMT+07:00)

Biarpun tertulis  "Tim biasanya menjawab dalam beberapa menit", tapi respon bisanya lebih cepat, kurang dari 1 atau 2 menit. Itu bisa dimaklumin karna CS bukan hanya meladenin kita saja. Ditambah CS-nya ramah dan sabar, masih mau meladenin pertanyaan gak penting seperti itu. hahaha.

 STATUS CS: RAMAH JURAGAN! 

3. Server. Ftur-fitur yang bersangkutan dengan server sudah lengkap dibahas di website domainesia. Berikut hasil screenshootnya. Silahkan dibaca dengan teliti, difahami, dimengerti dan dijiwai hahhaa.

 STATUS SERVER: AMAN JURAGAN! 

4. Propagasi DNS. Terkadang mendapatkan client yang tidak sabaran, "A, bikin web 3 hari bisa jadi gak?". Untuk kepuasan calon konsumen & agar client tidak lari, terlebih lagi kepepet kebutuhan hidup biasanya memberanikan diri, dengan syarat data untuk web sudah lengkap.

Nah, jika data untuk kebutuhan web sudah lengkap dan client sudah melakukan pembayaran DP. Satu hal yang membuat saya was-was adalah propagasi DNS. Untungnya di Domainesia sangat cepat. Pengalaman saya, biasanya tidak lebih dari satu 30 menit setelah pelunasan domain yang kita pesan sudah bisa diakses dan terkoneksi dengan server.

Kenapa sangat penting? untuk menjaga kepercayaan pelanggan agar tidak dituduh tipu-tipu atau tidak becus. Meskipun hanya saya kasih link dengan content "Under Construction" saja mereka sudah senang. Artinya, mengetahui bahwa kita bekerja dengan baik dan dapat dipercaya.

 PROPAGASI DNS: MAKWUSSS JURAGAN! 

5. User-friendly. Udah hal umum yang diketahui dan diharapkan oleh pengguna internet. Bahwa web yang akan diakses harus CEPAT, UI-nya NEAT & CLEAN, dan UX-nya MUDAH DIIKUTI.

Masa iya penyedia jasa hosting dan domain webnya lambat. bagaimana mau mendapatkan kepercayaan pelanggan?. Well, web Domainesia sangat cepat sesuai dengan rule umumnya kurang dari 5 detik.

Mungkin ini sangat subyektif. Saya sangat menyukai User Interface web Domainesia dengan perpaduan biru-putih yang tidak mencolok mata. Sangat NEAT & Clean untuk keseluruhan page. Contoh, bagian homepage tidak banyak gimmick dan sangat on point.

"Simple is Better Than Complex" itu adalah zen-nya bahasa pemograman Python. Saya tidak suka sebuah web yang User eXperience ribet banget. Makan waktu untuk mempelajarinya. Untungnya UX web domainesia sangat simple dan mudah difahami, bahkan oleh pengunjung baru sekalipun.

Ibarat sebuah kota yang baru kita kunjungi untuk pertama kalinya. Gedung-gedung dan jalanan sangat rapih & bersih, tatanannya sangat teratur dan petunjuk-petunjuk kotanya sangat mudah terlihat & terbaca. Begitulah web domainesia sangat ramah.

Kenapa penting? Saya bisa berlama-lama mempelajari dan membadingkan feature-feature yang ditawarkan. So, gak mau kan mata kita letih gara-gara UI-UX yang berantakan.

 UI/UX: USERFRIENDLY JURAGAN! 

6. Dokumentasi. https://www.domainesia.com/panduan/. Teman-teman yang aktif di forum IT mungkin sering denger RTFM alias Read The F*ck*ng Manual. "Woi, baca dulu manualnya, jangan dikit2 tanya, males amat sih" pernah digituin senior gak? hhaha Saya pernah, sakit bro.

Ya, itulah. Jangan dikit-dikit tanya CS biarpun 24 jam siap melayani. Kasian juga kalau harus menjawab Frequently Asked Questions. Baca dulu panduannya, kalau mentok baru tanya. Sudah lengkap kok panduannya.

 DOKUMENTASI: LENGKAP JURAGAN! 

7. Reward. Secara tidak langsung pelanggan setia atau yang "hanya sekali mampir" menjadi Brand Advocate bagi sebuah perushaan, produk atau brand.

Saya juga sering membela dan merekomendasikan sebuah produk/brand kepada orang lain. Jadi sangat wajar kalo kita mendapatkan sedikit reward (poin atau diskon) dari brand tersebut. Lah kita ikut lomba blog saja sudah secara langsung mempromosikan perusahaan via social media dan artikel. Betul apa betul?

Coba saja, kalo ada yang tanya "a, sewa hosting dan domain yang recomended dimana?" ataupun pertanyaan lainnya, pasti saya jawab DOMAINESIA.

Dan, yes Domainesia memberikan reward bagi pelanggannya. Untuk lebih lanjut silahkan login dan buka menu Epicpoints.

 REWARD: MANTAB JURAGAN! 

Bagi teman-teman yang sedang merintis bisnis di bidang Web Design atau reseller domain dan hosting saya sangat merekomendasikan Domainesia sebagai vendor atau business partner yang pas.

Bagi kalian yang diamanati oleh atasan untuk membuat web bagi instansi, sekolah atau perusahannya silhakan percayakan kepada Domainesia untuk urusan hosting dan domain. Dan jika kalian terlalu sibuk untuk mendesain sebuah web. Serahkan saja ke Mokacode ahlinya desain web hehehe.

Dan juga bagi kalian yang ingin membuat blog untuk sharing saya juga merekomendasikan Domainesia. Silahkan kunjungi link berikut untuk mulai aksi.

  1. Hosting murah. Klink di sini!
  2. Cara membuat blog. Klik di sini!

Jangan lupa gunakan code voucher "mokacode" untuk diskon hosting 20% selamanya atau "mokacodevps" untuk diskon VPS 20% selamanya.

Kesimpulan

Merujuk kepada definisi yang saya buat "Serunya Hidup di Era Digital artinya pemanfaatan tekhnologi dalam menunjang beberapa aspek kehidupan sehingga hidup kita menjadi lebih mudah, lebih asyik dan lebih bergirah. Seru toh!". Jadi, ya.

Domainesia dengan segala pelayanan dan feature yang ditawarkan sangat membantu dan memudahkan saya dalam merintis bisnis.

Domainesia

9.5

Price

9.0/10

Customer service

9.7/10

Server & Propagasi DNS

9.7/10

Tampilan Web

9.8/10

Dokumentasi

9.4/10